PayPal Donate

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

BidVertiser

Minggu, 10 Mei 2009

DZIKIR KEPADA ALLAH SWT

“Wahai orang-orang yang beriman, ingatlah (kepada Allah) dengan sebanyak mungkin”
(Al Ahzab : 41)


Pengertian “Dzikir atau ingat” disini tempatnya didalam hati, bukan di lisan.
Meskipun lisannya mengucapkan “Allah-Allah”, tetapi apabila hatinya teringat ke sana-sini, berarti tidak dapat dikatakan Dzikir. Karena antara yang di ucapkan dengan yang ada di hati tidak sejalan, bahkan bertolak belakang.
Seharusnya ketika lisan menyebut “Allah”, maka dalam hati merasa menghadap kepadaNya. Dan hal itu perlu latihan secara terus-menerus.
Dzikir atau ingat, adalah syarat utama yang harus dijalankan oleh orang yang ingin ma’rifat kepada Allah. Bahkan keberadaannya merupakan tiang penyangga dan orang tidak akan sampai kepada tujuan, tanpa istiqomah dalam berdzikir.
Dzikir lisan (dengan ucapan) adalah sarana untuk menuju dzikir qalbi (hati). Jika mampu melaksanakan kedua-duanya, maka ia mendekati kesempurnaan.
Abu Ali ad Daqad berkata: “Dzikir adalah menyebarkan kewalian. Barang siapa beristiqamah, maka dia dianugerahi penyebaran. Tetapi apabila dia mencabut dzikir, maka penyebaran kewalian dicabut darinya”
Menurut Al Wasithi, bahwa dzikir adalah usaha untuk keluar dari medan kelengahan menuju kepastian musyahadah yang mampu mengalahkan tekenan ketakutan dan tarikan rasa cinta.
Dzun Nun al Mishri berkata :“Barang siapa ingat kepada Allah dengan sesuatu (berdzikir), Allah akan menjaganya dari segala sesuatu. Baginya punya pengganti dari segala hal”.
Dzikir itu mempunyai beberapa keistimewaan, di antaranya ialah tidak dibatasi oleh waktu. Bahkan tidak ada waktu bagi seorang hamba diperintah berdzikir, baik yang wajib atau sunnah.
Sedangkan shalat meskipun mempunyai kedudukan yang paling mulia, namun dalam waktu-waktu tertentu tetap tidak boleh dilaksanakan. Sedangkan berdzikir boleh dilaksanakan kapan saja dan dimana saja, bahkan sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Loking For Money Per_Klik

YourNight.com

Penghasil Dolar